Museum Perjuangan Yang Harus Dikunjungi di Yogyakarta

Jogja sebagai salah satu medan perjuangan Bangsa Indonesia fisik mau pun non fisik dalam menghadapi Belanda pastinya memiliki banyak kisah dan juga sejarah. Beberapa museum perjuangan didirikan untuk menyimpan benda-benda perjuangan agar tetap tersimpan rapi di museum-museum yang ada di daerah istimewa ini. Museum-museum tersebut menyimpan banyak kenangan dan juga hasil perjuangan bangsa ini melepaskan diri dari penjajah. Museum perjuangan yang ada di Jogja pun sering dikunjungi oleh para wisatawan untuk melihat sejarah perjuangan bangsa ini dari dekat. Berikut penjelasannya museum perjuangan yang populer di Jogja dari kami dan menjadikannya paket wisata di Jogja:

  1. Museum Benteng Vredeburg

Museum perjuangan paling populer di Jogja adalah Museum Benteng Vredeburg. Tempat ini sangat populer karena sering dikunjungi oleh wisatawan yang datang ke Jogja. Benteng Vredeburg ini unik karena merupakan bekas benteng yang digunaakan oleh Belanda. Di dalamnya terdapat bangunan-bangunan yang menampikan berbagai macam diorama peristiwa-peristiwa perjuangan di Jogja. Diorama-diorama tersusun rapi di dalam bangunan yang dulunya digunakan untuk kantor para prajurit Belanda dan juga barak prajurit. Lokasinya yang berada di Jl. Malioboro membuat museum ini selalu ramai dikunjungi wisatawan untuk bersantai sekaligus menikmati suasana di dalam benteng.

  1. Museum Yogyakarta Kembali (Monjali)

Museum ini merupakan salah satu museum perjuangan yang juga cukup sering dikunjugi wisatawan saat liburan di Jogja. Monjali berada di Jl. Monjali, Jongkang, Sariharjo, Ngaglik, Sleman. Museum yang berbentuk kerucut ini terisipirasi dari gunungan yang ada di tumpeng. Museum ini terdiri dari 3 lantai yang menyimpan berbagai macam benda yang digunakan selama perjuangan. Di lantai pertama terdapat berbagai macam benda seperti senjata, foto perjuangan, replika tandu Jenderal Sudirman, miniatur dan masih banyak lagi. Di lantai kedua berisikan berbagai diorama perjuangan yang terjadi di Jogja dan antai ketiga berupa ruangan dengan gambar relief perjuangan.

  1. Museum Perjuangan Yogyakarta

Objek wisata bertemakan perjuangan yang populer berikutnya adalah Museum Perjuangan Yogyakarta. Museum ini dibangun pada tahun 1958 untuk memperingati setengah abad Hari Kebangkitan Nasional di Yogyakarta. Objek wisata ini sangat unik karena bangunannya berbentuk paduan bangunan model zaman Romawi Kuno dengan bangunan model timur, yang dinamai ronde tempel. Museum Perjuangan Yogyakarta diresmikan dan sekaligus dibuka pada tahun 1961. Museum ini menyimpan berbagai macam koleksi seperti: foto perjuangan, dokumen, plakat-plakat perjuangan, alat-alat perjuangan, dan lain sebagianya. Lokasinya dekat dengan pusat kota sehingga memudahkan wisatawan untuk mengunjungi tempat ini.

Demikian penjelasan singkat dari kami mengenai museum perjuangan yang populer di Jogja. Jika berminat mengunjungi museum-museum tersebut tetapi bersama-sama rombongan besar, Anda bisa ambil paket tour murah Jogja agar perjalanan menjadi lebih nyaman.